Minggu, Februari 14, 2010

"BIRAHI AKADEMIK" Dalam Bingkai Workshop PKM-KT LPM Penalaran UNM

Pada hari sabtu 13 Februari 2010, LPM Penalaran UNM melaksanakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karya Tulis (PKM-KT). Tujuan dari workshop ini adalah untuk menyosialisasikan pelaksanaan kompetisi yang akan dilaksanakan oleh DIKTI dalam hal ini DP2M, yaitu PKM-KT dimana dalam bidang tersebut akan dilaksanakan penerimaan proposal PKM-Artikel Ilmiah & PKM-Gagasan Tertulis (PKM-AI & PKM-GT).

Acara di mulai pada pukul 08.00 wita di Ruang Senat Universitas Negeri Makassar, yaitu dimulai pada sesi registrasi peserta yang telah mendaftar dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000,-. Berdasarkan laporan panitia pelaksana jumlah mahasiswa yang mendaftar adalah 225 orang (semuanya mahasiswa UNM dan perwakilan dari semua fakultas), apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada Tim Kerja Workshop PKM-KT. Karena mereka hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu minggu untuk mengumpulkan peserta sebanyak ini.

Tepat pukul 09.00 wita, pembukaan secara resmi oleh rektor UNM (Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd)di mulai. kegiatan ini dihadiri oleh beberapa alumni LPM Penalaran, pengurus LPM Penalaran Periode 2009/2010, Tim Kerja Workshop, dan peserta berjumlah 187 orang (kalo tidak salah, berdasarkan laporan ketua tim kerja hehehe....), dan tentunya Pimpinan UNM (PR I, PR III, dan Rektor UNM). Saat Rektor UNM diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan, ternyata beliau mempersilahkan terlebih dahulu PR I untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Inilah wajah Mahasiswa UNM yang sesungguhnya", beliau sangat bangga melihat antusias para peserta yang hadir, karena saking banyaknya ruangan sangat sesak untuk menampung orang-orang yang punya ide brilian (cie.... yang siap mengirim artikel PKM-AI & PKM-GT).

Kemudian setelah itu, Rektor memberikan kesempatan kepada PR III UNM (Beliau adalah penanggung jawab bidang kemahasiswaan). Makanya ketika giliran beliau yang memberikan sambutan tepuk tangan para peserta bergemuruh, maklum beliau sangat akrab dengan mahasiswa. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa "Dalam bidang PKM, UNM adalah rajanya Indonesia Timur". Hal itu benar adanya, karena dalam kurun waktu 5 Tahun terakhir UNM selalu meloloskan paling banyak PKM, dan selain itu Alhamdulillah UNM tidak pernah alfa untuk mengutus tim ke PIMNAS. Setelah selesai giliran PR III memberi sambutan sekaligus semangat, tibalah giliran Pimpinan tertinggi UNM untuk menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara Workshop PKM-KT. Menurut beliau sudah saatnya mahasiswa UNM melupakan INTIM (Maksudnya Indonesia Timur hehehe//.....), sekarang sudah saatnya mahasiswa berbicara di level nasional (Ayooo.... Semangat,,....). Selain itu beliau juga melontarkan kosa kata yang unik "Seharusnya mahasiswa UNM memiliki Birahi Akademik". Sontak...!!! kata-kata itu membuat peserta tertawa, tetapi ada juga yang diam (mungkin karena malu.... hehehe), menurut saya, benar juga apa yang disampaikan oleh Bapak Rektor... Selama ini yang kita dengar beberapa dari kalangan mahasiswa, memiliki birahi seksual yang sangat tinggi dimana pada akhirnya menjerumuskan mereka ke arah yang tidak benar dan membuat kuliah mereka berantakan.

Seharusnya, mahasiswa memiliki "Birahi Akademik" yang lebih tinggi dibandingkan "Birahi Seksual". Karena dengan "Birahi Akademik" yang begitu tinggi, membuat mahasiswa akan menjadi lebih terhormat ditengah-tengah masyarakat. Dan ketika menyuarakan ketidakadilan yang terjadi, tentunya akan menempuh cara-cara frontal yang lebih ilmiah.

Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan pemaparan materi-materi workshop. Dimulai dari "Sekilas Tentang PKM-KT", yang dibawakan oleh Arman M. yusuf. Dalam materi ini dijelaskan Apa itu PKM-KT, Bagaimana pelaksanaannya, dan Bagaimana cara mengikutinya. Kemudian di tengah-tengah materi disetting, peserta seolah-olah sedang berada di ruangan penutupan PIMNAS XXIII (InsyALLAH di Universitas Mahasaraswati Denpasar). Kemudian diumumkan bahwa Peringkat Ke-5 PIMNAS XXIII adalahhhh...... UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR dengan perolehan medali 3 Emas, 3 Perak, dan 5 Perunggu. Suara tepuk tangan peserta bergemuruh bersamaan dengan teriakan kata-kata UNM.....UNM....UNM.....UNM,,,,..... Yang menjadi kata kunci dari pemateri adalah BEGIN WITH THE END (Memulai dari yang akhir). Mudah-mudahan simulasi ini menjadi kenyataan pada PIMNAS XXIII Aminn.........

Selanjutnya materi pengembangan ide yang dibawakan oleh A. Irhamsyah, S.Si. Dalam materi ini peserta di ajak untuk mengembangkan ide-ide gila yang ada dikepalanya. Pokoknya muantabp..... materi ini karena beberapa peserta ada yang tiba-tiba kebanjiran ide setelah diberikan motivasi dan simulasi (Maaf ya.... kalo metode ini dirahasiakan karena original dari LPM Penalatran UNM... hehehehe.....). Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan PKM- Artikel Ilmiah, dalam materi ini disampaikan mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa di buat artikel ilmiah, sistematikanya, dan pemutaran video tentang sebuah kegiatan yang dijadikan artikel ilmiah dan menerima dana hibah dari DIKTI (Kisah sukses sang pemateri Jusmiati Usman).

Materi terakhir dalam workshop kali ini adalah Sitematika PKM-Gagasan Tertulis yang dibawakan oleh saya sendiri, pada materi ini saya memaparkan sistematika penulisan PKM-GT (bukannya narsis, tapi peserta terlihat antusias menyimak materi saya heheheh.....) dengan format yang berubah total 100 % dari yang tahun lalu. pada materi ini saya menyampaikan secara mendetail mengenai sistematika terbaru (contohnya silahkan download disini) dari PKM-GT. Setelah berbicara kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab materi ini pun ditutup.

Sesi terakhir dari workshop ini adalah Focus Group Discussion (FGD), dalam sesi ini peserta di bagi dalam 10 kelompok yang dibimbing oleh 1 orang anggota dari LPM Penalaran UNM. Peserta mula-mula memaparkan idenya, kemudian di tanggapi oleh anggota kelompok yang lain dan diarahkan oleh pembimbing. Diskusi berlangsung alot selama 20 menit pada tiap-tiap kelompok.

Saat jarum jam menunjukkan pukul 17.00 wita. FGDpun dihentikan, dan dilanjutkan dengan acara pentupan. Acara penutupan dilakukan dengan sederhana, dimana Koordinator Panitia Pengarah (Anak Penalaran menyebutnya KOPER) Muhammad Takdir, S.Pd serta panitia pengarah yang lain yaitu A. Syamrizal da Chandra C., S.Pd menyampaikan bahwa para peserta harus terus memiliki semangat untuk berkarya khususnya membuat PKM-KT dan mendukung "GERAKAN UIVERSITAS NEGERI MAKASSAR MENGIRIM 500 PKM-KT".

Tepat pukul 17.30 wita, acara workshop selesai..........
Satu persatu peserta meninggalkan ruangan sambil menenteng sertifikat yang diberikan oleh panitia. Selain itu saya yakin mereka pasti memiliki 1,2,3,4,5...........1000 ide dikepala mereka (Tetapi saya lebih menghargai orang yang memiliki 1 ide, kemudian menuliskannya. Dibanding orang yang memiliki 1000 ide tetapi tak menulisnya), untuk dituangkan dalam lembaran kertas putih ukuran A4 bersampul coklat/hijau muda dan siap dikirim secara kolektif pada tanggal 5 Februari 2010. Semangat kawan............
Pintuku dan Pintu Rumah Nalar Terbuka Lebar-lebar untuk menyambut kawan-kawan dengan "BIRAHI AKADEMIK" yang kalian miliki.

Manusia Akan Tenggelam Ditengah-tengah Masyarakat dan Akan Terhapus dalam Sejarah, Jika Ia Tak Pernah Menulis..............

Panduan Lengkap PKM 2010_Revisi02 dapat di unduh disini.

5 komentar:

erwinsaputra mengatakan...

tak butuh hanya ide
butuh menuliskannya
mari tidak berbicara pada tataran abstrak
tapi KONGKRIT
salut buat tim work

darul mengatakan...

Sepakat kanda......

Rajin-rajinki datang nah, di Blogku.....

Iyanahs mengatakan...

Waktu kata2 itu muncul, Udin yang paling cepat connect.....

dwi dwi mengatakan...

Baguss Script_nya ..

darul mengatakan...

buat dwi: trima kasih sudah mampir di blog saya....
kalau bisa titipkan alamat email atau alamat jejaring sosialnya.......