Minggu, Juni 10, 2012

PEMAKNAAN PROSES, BUKAN PADA HASIL

“Kebersamaan selalu menghasilkan banyak interaksi, dan dari interaksi biasanya akan menghasilkan banyak interpretasi, dari interpretasi yang beragam akan menimbulkan jutaan pemaknaan”

“Kumpulkan makna yang kita dapatkan, silahkan di ramu dengan resep pribadi dan menghasilkan produk terbaik, yang siap menaklukkan badai terganas, pendakian yang paling terjal, dan menyelami palung terdalam di lokasi tempat kita berkontemplasi”

“Mungkin disanalah kita akan berdamai dengan hati, waktu, dan tempat”

“Sebelum perpisahan tiba, tumpahkanlah dengan elegan ketidaknyamananmu dan kecintaanmu pada dia, agar tak memberatkan langkah ke urat nadi negeri ini”

Jatiluhur, 4 Juni 2012 (23.45 WIB)


Setelah 6 minggu bersama, kini memasuki masa-masa akhir dari Pelatihan Intensif Pengajar Muda angkatan 4. Begitu banyak kenangan yang terukir di barak tentunya. Dari yang biasa sampai luar biasa, dari gagal sampai berhasil, dari nol sampai tak hingga. Mengikuti pelatihan intensif ini sungguh sangat luar biasa bagi saya, begitu banyak pelajaran berharga yang aku dapatkan. Semoga nantinya bisa aku urai satu persatu saat di lokasi penempatan (Kabupaten Rote Ndao, Kecamatan Rote Barat, Desa Oenitas), saya diberikan kesempatan untuk mengajar dan belajar di SD Inpres Oenitas.

Selama Training, kami benar-benar merasakan keakraban yang sangat erat. Berat rasanya melewati hari-hari menjelang deployment. Disaat keakraban lagi hangat-hangatnya, kami diharuskan berpisah ke daerah penempatan masing-masing untuk melanjutkan karya Pengajar Muda angkatan 2. Namun saya sudah siap apapun dan bagaimana kondisinya, karena saya yakin di urat nadi negeri pasti lebih nikmat . Saya membayangkan senyum hangat tunas negeri ini, hangatnya alam yang masih murni, dan tantangan yang selalu ada pastinya. Semoga cita, cinta, dan harapan selama di sana bisa terlaksana dengan lancar, mohon doanya.......

*Saat tulisan ini terbit, penulis sedang mengembara di hutan Situ Lembang bersama 71 pengajar muda... mohon doanya lagi semoga kami di beri kemudahan dan kesehatan semuanya....

Salam Pengabdian,

0 komentar: